Visi Misi Pend. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Visi Program Studi:

Mewujudkan Program Studi Pendidikan IPS yang unggul di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2025 dalam menciptakan tenaga ahli di bidang pendidikan IPS yang professional, berkarakter religius dan berwawasan nasional.

Misi Program Studi

  1. Menjadikan civitas akademika yang bertakwa dan berakhlak mulia melalui pembiasaan kegiatan keagamaan.
  2. Meningkatkan pendidikan dan pelatihan, guna mengembangkan kepakaran dan profesionalisme lulusan sebagai tenaga akademisi, praktisi, dan peneliti IPS.
  3. Melakukan kegiatan penelitian di bidang pendidikan IPS baik untuk kepentingan keilmuan, maupun untuk terapan, secara mandiri, terpadu dengan kegiatan pendidikan dan pengajaran dengan menjalin kerjasama dengan pihak terkait.
  4. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dengan cara mendesiminasikan hasil penelitian kepada para pelaku di lapangan yang berminat memanfaatkan temuan mutakhir, substansi atau metode pendidikan IPS, dengan menjalin kerjasama dengan pihak terkait.
  5. Melaksanakan pembaharuan kurikulum berbasis KKNI untuk mengantisipasi dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat pengguna dalam bidang Pendidikan IPS.
  6. Menjalin kerjasama dengan pihak terkait dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang handal dalam bidang Pendidikan IPS untuk memberikan pelayanan yang prima.
  7. Melengkapi sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas.
  8. Menciptakan budaya akademik yang kondusif.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki wawasan serta kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan dalam arti luas dengan segala aspeknya di wilayah provinsi Jawa Barat.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dan keterampilan serta berdaya saing tinggi dalam bidang ilmu pengetahuan sosial.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu meneliti, merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menampilkan diri sebagai pribadi yang memiliki integritas tinggi, berkarakter, cinta tanah air, cerdas, terbuka dan tanggap terhadap setiap perkembangan ilmu pengetahuan khususnya pendidikan IPS, teknologi dan perkembangan masyarakat dalam lingkup lokal, nasional dan global.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menjalin kerjasama dengan pihak terkait dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang professional, berkualitas, dan berdaya saing tinggi dalam bidang pendidikan dan pengajaran IPS.
  6. Terciptanya Kurikulum Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk mengantisipasi dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat pengguna baik untuk masa sekarang maupun yang akan datang.
  7. Memiliki sumber daya manusia yang profesional, baik dosen maupun karyawan untuk memberikan pelayanan yang prima sehingga terciptanya budaya akademik yang kondusif.
  8. Tersedianya sarana dan prasarana pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas.

Sasaran Program Studi

  1. Terakreditasinya program Studi Pendidikan IPS oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT)
  2. Peninjauan perubahan dan Visi, misi dan tujuan PS.
  3. Terlaksananya visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan IPS secara konsisten sesuai dengan Renstra untuk memenuhi standar kualifikasi akademik dalam bidang pendidikan IPS
  4. Pemahaman sivitas akademika, dan tenaga kependidikan terhadap visi, misi, tujuan, dan sasaran program Studi Pendidikan IPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *